Minggu, 31 Mei 2015

Jelajah Kampung Laut Kab.Cilacap, Jateng


 JELAJAH Wilayah Kampung Laut masih termasuk Kabupaten Cilacap merupakan kecamatan dipisahkan dengan lautan.  Kecamatan yang memiliki empat desa ini memiliki keindahan tersendiri terutama lokasinya yang terdapat mangrove. Daratan yang bersebelahan dengan Nusakambangan ini termasuk wilayah paling barat berbatasan dengan Desa Majingklak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangendaran, Jawa Barat.
Untuk menuju Kampung Laut kita dapat menyeberang melalui penyeberangan di Sleko yang masih termasuk wilayah Cilacap dengan menaiki perahu compreng yang sudah biasa dipakai oleh masyarakat setempat biasanya ada yang carter atau tidak. Dalam sehari hanya satu kali dari Sleko menuju Kampung Laut yaitu sekitar jam 14.00. Sehingga bagi siapa pun yang akan melakukan perjalanan menuju Kampung Laut sebaiknya mengatur waktu sedemikian rupa sehingga dapat menyeberang.
Dalam perjalanan di atas laut dari Sleko menuju Kampung Laut dengan menggunakan perahu compreng diperlukan waktu kurang lebih 2.5 jam. Melakukan perjalanan ini bukan hal yang menjemukan karena selama naik perahu kita akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dan eksotik. Selepas mata memandang ke selatan tampak gulungan ombak yang berkejaran.  Selain itu, hutan pantai yang masih tampak perawan belum terjamah membentang luas pada kanan kiri yang kita lewati. Inilah mangrove yang bukan hanya berfungsi sebagai pelengkap keindahan, namun dapat menjaga ekosistem pantai.
Sementara itu, Pulau Nusakambangan yang digunakan sebagai istana para narapidana yang dianggap memunyai kesalahan berat tampak pada pandangan kita karena memang Nusakambangan relatif dekat dengan Kampung Laut. Hijaunya tumbuhan di Nusakambangan menambah sejuk pandangan kita. Sementara tiupan angin laut selalu menyapa pada siapa saja yang datang berkunjung.
Perahu compreng termasuk armada andalan di Kampung Laut walaupun beberapa orang ada yang memiliki perahu sendiri. Oleh masyarakat Kampung Laut dipergunakan untuk menyeberang sebagai alat transportasi antardesa. Di samping itu juga untuk menuju ke kota kabupaten. Ada empat wilayah desa yang terdapat di Kampung Laut yaitu Desa Ujungalang, Klaces, Ujunggagak, dan Panikel. Jika kita melakukan rute menuju Kampung Laut melalui Sleko, maka kita akan bertemu dengan Desa Unjungalang setelah itu Desa Klaces, Unjunggagak, dan Panikel. Ibu kota kecamatan terdapat di Desa Klaces.


nukilan dari majah posmo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar